Peresmian Gedung Fasilitas Radian Peninsula, bersama Apollo dan Quantum

Melalui semangat generasi muda yang memiliki visi dan misi membangun industri maritim di Indonesia dengan moto "Going deeper, becoming stronger and reaching higher" serta keinginan untuk selalu bangkit dan bersinar dalam memberikan solusi dan berdampak bagi sekeliling serta didukung oleh team berpengalaman lebih dari tiga puluh tahun di dunia maritim, kami PT. Radian Peninsula Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik di bidang perbaikan dan perawatan kapal yang berfokus pada sistem operasi, elektrikal dan mekanikal melalui peresmian fasilitas gedung kantor, workshop dan warehouse yang baru ini.


Date : 2024-01-24

9 Potensi Ekonomi Maritim Indonesia

Berkaitan dengan kemaritiman dikenal istilah ekonomi kelautan, ekonomi maritim, dan potensi ekonomi maritim. Ekonomi kelautan (marine economy) merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan di wilayah pesisir dan lautan serta di darat yang menggunakan sumber daya alam (SDA) dan jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa. Adapun ekonomi maritim (maritime economy) merupakan kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan serta industri, dan jasa terkait.

Indonesia memiliki potensi kemaritiman yang cukup besar. Potensi kemaritiman Indonesia adalah segala sesuatu yang terdapat di perairan laut Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia dan dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia.

Beberapa bentuk potensi ekonomi maritim Indonesia, seperti:

- Perikanan

- Terumbu karang

- Hutan Mangrove

- Sumber daya migas dan mineral

- Rumput Laut

- Transportasi laut

- Keindahan Pantai

- Taman laut

- Pertahanan laut

Berikut penjelasannya:

 

Perikanan

Laut Indonesia memiliki angka potensi lestari yang besar, yaitu 6,4 juta ton per tahun. Potensi lestari adalah potensi penangkapan ikan yang masih memungkinkan bagi ikan untuk melakukan regenerasi hingga jumlah ikan yang ditangkap tidak mengurangi populasi ikan. Estimasi potensi ikan di Indonesia memiliki total 12,01 juta ton per tahun.

Sektor perikanan juga membuka lapangan kerja, mulai dari sebagai nelayan laut, nelayan perairan umum, dan pembudidaya ikan.  Orang yang bergantung pada sektor perikanan dari hulu (penangkapan dan budidaya) sampai hilir (industri, perdagangan, jasa, dan lain-lain) cukup banyak.

 

Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan ekosistem bawah laut yang terdiri atas kumpulan binatang karang yang membentuk struktur kalsium karbonat atau batu kapur. Ekosistem terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai satwa laut dan menjadi penjaga keanekaragaman hayati di lautan.

Luas terumbu karang yang dimiliki Indonesia mencapai 39.583 km2 atau sekitar 45,7 persen dari total 86.503 km2 luas terumbu di wilayah segitiga karang dengan puncak keanekaragaman hayati tertinggi antara lain 590 spesies karang batu dan spesies ikan karang.

Ekosistem pesisir Indonesia berperan dalam melindungi kawasan pesisir dari abrasi dan penopang pariwisata bahari. Selain itu, juga menjadi habitat bertelur, membesarkan, dan mencari makan berbagai biota laut.  Status terumbu karang di Indonesia dibedakan menjadi empat kategori berdasarkan tutupan karang, yakni karang rusak, karang sedang, karang baik, dan karang yang sangat baik.

Beberapa manfaat dan fungsi dari terumbu karang di antaranya: pelindung ekosistem pantai, rumah bagi banyak jenis makhluk hidup di laut, sebagai sumber obat-obatan, sebagai obyek wisata, sebagai sumber pendidikan

 

Hutan Mangrove

Umumnya, hutan mangrove berkembang dengan baik pada pantai yang terlindung, muara sungai, atau laguna.

Fungsi hutan mangrove dapat dilihat secara ekologis dan ekonomis, sebagai berikut:

- Fungsi ekologis sebagai habitat binatang laut untuk berlindung, mencari makan, dan berkembang biak. Selain itu, juga untuk melindungi pantai dari abrasi air laut.

- Fungsi ekonomis, penduduk memanfaatkan kayu sebagai bahan bakar atau bahan pembuat arang. Udang dan jenis ikan lainnya yang berkem bang biak dengan baik di tempat ini dapat dimanfaatkan manusia.

Hutan mangrove di Indonesia tersebar di pesisir sebelah barat Sumatera, beberapa bagian ada di pantai utara Jawa, sepanjang pesisir Kalimantan, pesisir Sulawesi, pesisir selatan Papua, dan beberapa pulau kecil lainnya.

 

Sumber daya migas dan mineral

Produksi minyak dan gas bumi di Indonesia umumnya berasal dari kawasan pesisir dan lautan.  Belum lama ini ditemukan jenis energi baru pengganti BBM berupa gas hidrat dan biogenik di lepas pantai barat Sumatera, selatan Jawa Barat, dan bagian utara Selat Makassar dengan potensi melebihi seluruh potensi migas.

Adapun potensi tambang dasar laut, seperti aluminium, mangan, tembaga, zirconium, nikel, kobalt, biji besi non-titanium, vanadium, dan lainnya sampai sekarang belum teridentifikasi karena membutuhkan teknologi yang maju untuk mengembangkannya. Selain itu, Indonesia dapat memanfaatkan potensi laut sebagai sumber energi listrik melalui teknologi panas laut, pasang surut, arus laut, angin, gelombang laut, serta bioenergi dari ganggang laut.

Laut juga menyimpan kandungan bahan tambang dan mineral yang bernilai ekonomi tinggi.

 

Rumput Laut

Selain hidup bebas di alam, beberapa jenis rumput laut juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat pesisir Indonesia. Contoh rumput laut yang banyak dibudidayakan, di antaranya Eucheuma cottonii dan Gracilaria. Rumput laut banyak mengandung gizi sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

- Mencegah kanker

- Mencegah stroke

- Mencegah penuaan dini

- Mencegah penurunan kecerdasan

- Sebagai makanan diet penurun berat badan

- Sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh

- Mencegah gejala osteoporosis

- Mencegah penyakit gangguan pencernaan

- Membantu mempercepat penyembuhan luka

 

Transportasi laut

Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat memerlukan sarana transportasi laut. Dengan jumlah pulau lebih dari 17.000, perlu pengelolaan industri transportasi yang membantu kelancaran transportasi antarpulau tersebut.

Sarana ini ditujukan untuk meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antarpulau.

 

Keindahan Pantai

Indonesia memiliki garis pantai sepanjang 95.181 kilometer, sehingga memiliki banyak destinasi wisata pantai yang mendunia. Selain itu, kekayaan ekosistem bawah laut menjadi salah satu sektor pariwisata yang diminati oleh banyak orang.  Pengembangan potensi pariwisata Indonesia khususnya yang berkaitan dengan keindahan pantai atau wisata bahari harus terus diupayakan melalui promosi pariwisata laut unggulan, penyelenggaraan festival bertemakan laut, pembangunan infrastruktur pariwisata, dan sebagainya.

Contoh: Pantai Pink Pulau Komodo, Pantai Derawan, Pantai Ora Maluku Tengah, dan Tomini Bay.

wisata keindahan pantai atau wisata bahari diyakini dapat mempunyai efek berganda (multiplier effect) yang dapat menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, mendatangkan wisatawan yang berasal dari luar negeri (devisa).

Selain itu, pengembangan wisata keindahan pantai atau wisata bahari mempunyai dampak positif untuk tumbuh serta bangkitnya jiwa dan budaya bahari yang dapat memberikan efek berganda dalam mendorong terwujudnya negara maritim yang tangguh.

 

Taman Laut

Taman laut adalah sebutan tidak resmi untuk menyatakan bahwa kawasan perairan tersebut memiliki keindahan dan kekayaan hayati bawah laut yang berada di dalam kawasan konservasi, seperti taman nasional, cagar alam, maupun suaka margasatwa.  Di Indonesia tidak dikenal istilah taman laut. Adapun yang dikenal biasanya adalah taman nasional laut dan cagar alam laut.  Terlepas dari nama yang diberikan, Indonesia telah dianugerahi berbagai kawasan perairan yang indah, misalnya:

- Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara

- Taman Laut Raja Ampat di Papua Barat

- Taman Laut Kepulauan Karimunjawa

- Taman Laut Wakatobi di  Sulawesi Tenggara

- Taman Laut Derawan di Kalimantan Timur

- Taman Laut Pulau Menjangan di Bali

- Taman Laut Pulau Rubiah di Aceh

 

Pertahanan laut

Konsistensi mewujudkan keamanan laut Indonesia tidak terlepas dari peran negara untuk mendorong dan memprioritaskan pembangunan kekuatan keamanan maritim.

TNI Angkatan Laut sebagai salah satu komponen kekuatan keamanan maritim yang merupakan bagian dari komponen kekuatan pertahanan negara di laut tampil sebagai ujung tombak mewujudkan keamanan maritim Indonesia sesuai dengan medan pengabdiannya di laut.

Konsep negara maritim tidak lepas dari kekuatan pertahanan. Jika pertahanan kuat, kedaulatan negara pun akan terlindungi dari ancaman luar.

 

Sumber: kompas.com


Date : 2023-09-05

Negara Maritim adalah Negara dengan Kawasan Laut Lebih Luas, Pahami Definisinya

Jakarta, Negara maritim adalah suatu negara atau wilayah yang memiliki kawasan perairan lebih luas daripada kawasan daratan. Umumnya, negara maritim berbentuk kepulauan atau negara yang memiliki banyak pulau, memiliki berbagai kekayaan alam dalam laut, dan kondisi geografisnya dikelilingi perairan.

Hal ini sebenarnya juga memberikan dampak dan efek yang berbeda-beda pada setiap segi kehidupan manusia itu sendiri. Salah satu segi yang dipengaruhi oleh luasan laut tersebut adalah dalam konsep bernegara. Contoh negara maritim yaitu Kanada, Indonesia, dan masih banyak yang lainnya.

Indonesia secara geografis sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan. Hal ini terlihat dengan adanya garis pantai di hampir setiap pulau di Indonesia sepanjang kurang lebih 81.000 kilometer. Indonesia menjadi urutan kedua setelah Kanada sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia.

Lantas apa pengertian negara maritim? Berikut ini ulasan mengenai definisi negara maritim beserta syarat dan karakteristiknya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

Definisi Negara Maritim

Secara umum, negara maritim adalah negara yang memanfaatkan secara optimal wilayah lautnya dalam konteks pelayaran secara umum. Sedangkan secara bahasa, negara maritim adalah negara yang berkenaan dengan laut dan berhubungan dengan pelayaran maupun perdagangan di laut.

Sementara itu, secara harfiah negara maritim adalah negara yang juga memiliki kekuatan maritim sebagai tulang punggung eksistensi, pengembangan dan kejayaan suatu bangsa dan negara. Kekuatan maritim suatu negara adalah seluruh kekuatan nasional (ipoleksosbudkum, hankamneg, iptek dan pendidikan) yang dimiliki oleh suatu negara sebagai hasil pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang didasarkan kepada kondisi geografis teritorial sebagai negara kepulauan atau suatu negara yang berbatasan dengan laut. Negara yang terkenal sebagai negara maritim adalah di antaranya Inggris, Amerika Serikat, Singapura, Cina, dan Panama.

Dalam konteks negara kepulauan, negara maritim adalah negara yang mempunyai sifat memanfaatkan laut untuk kejayaan negaranya, sedangkan negara kelautan lebih menunjukkan kondisi fisiknya, yaitu negara yang berhubungan, dekat dengan atau terdiri dari laut.

Negara maritim bisa dipahami sebagai negara yang dianggap peduli dan mampu dalam mengelola sumber daya kekayaan alam dari dasar hingga permukaan lautnya dan bahkan hingga lautan samudera, dalam berbagai aspek di antaranya aspek ekonomi, geopolitik serta aspek militer yang tercermin dalam ocean policy-nya.

 

Syarat-syarat Negara Maritim

Menurut Mahan dalam The Influence of Sea Power Upon History, terdapat 6 (enam) syarat sebuah negara menjadi negara maritim yaitu lokasi geografis, karakteristik dari tanah dan pantai, luas wilayah, jumlah penduduk, karakter penduduk, dan lembaga pemerintahan.

Sedangkan menurut teori Xu Qi, sebagai seorang ahli maritim dari Cina, terdapat tiga tahap dalam pembangunan kekuatan maritim. Pertama adalah kesadaran negara akan keadaan faktual dan ancaman dari dalam maupun luar wilayah. Kedua adalah pengakuan akan kondisi pertama sehingga membantu konseptualisasi geostrategi. Ketiga adalah implementasi dari konsep yang telah terbentuk di atas.

 

Karakteristik Negara Maritim

Berikut ini ada beberapa karakteristik dari negara maritim yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

- Memiliki daerah atau wilayah dalam bentuk laut dan perairan yang luasnya lebih lebar daripada luas daratan yang ada di negara tersebut atau perairan 2/3 dibandingkan dengan wilayah daratan.

- Umumnya memiliki sumber daya alam laut yang sangat melimpah, seperti ikan, energi, ataupun mineral dan hal lainnya.

- Umumnya mempunyai cukup banyak daerah pulau yang dikelilingi oleh daerah perairan ataupun lautan.

- Banyak masyarakat yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan karena hal ini sangat sesuai dengan wilayahnya yang melimpah dengan sumber daya alam laut.

 

Pilar Penyangga Negara Maritim

Negara maritim berdiri di atas landasan alam dan budaya maritim terbentuk dari sistem politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta pertahanan dan keamanan. Berikut ini penjelasannya:

- Sistem politik diperlukan untuk menjamin keutuhan seluruh kepulauan Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah negara, termasuk daerah perbatasan, daerah pedalaman, pulau terluar dan terpencil berdasar Pancasila dan UUD 1945.

- Sistem ekonomi yang mampu meningkatkan perdagangan melalui laut baik ke dalam atau ke luar negeri. Serta mendorong tumbuhnya usaha-usaha industri dan jasa maritim.

- Sistem sosial dan budaya yang menjunjung tinggi harkat manusia, kemajemukan etnik, budaya dan agama, serta mampu menumbuhkan semangat cinta laut.

- Sistem pertahanan dan keamanan yang mampu menjamin tegaknya kedaulatan dan hukum seluruh wilayah laut kedaulatan dan laut juridiksi nasional. Meliputi wilayah darat, laut, serta udara dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote.

Dalam buku Diplomasi Indonesia dan Pembangunan Konektivitas Maritim (2018) karya Humphrey Wangke mengatakan dalam membangun negara maritim, pemerintah harus membangun infrastruktur dan institusi kemaritiman.

Tujuannya, untuk memaksimalkan fungsi tradisi dan masyarakat maritim. Selain itu juga untuk memaksimalkan terjadinya mobilitas perdagangan antar pulau maupun perdagangan luar negeri melalui laut. Empat pilar penyangga negara maritim, yaitu perdagangan, pelayaran, industri dan kekuatan maritim harus tumbuh dan berkembang bersama.

 

Keunggulan Negara Maritim

Jika Yunani punya Balos Lagoon sebagai pantai berpasir merah jambu, maka Indonesia memiliki Pink Beach yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Berikut ini beberapa keunggulan negara maritim, diantaranya:

1. Wilayah Lebih Luas

Hal pertama yang menjadi keuntungan dari negara maritim adalah wilayahnya yang lebih luas. Hal ini dikarenakan dari batas terdalam wilayah perairan akan ditarik garis lurus menuju wilayah batas terluar sejauh kurang lebih 200 meter. Garis terluar itu kemudian akan menjadi wilayah tambahan bagi negara tersebut.

2. Penambahan Sumber Daya

Kawasan laut di sini tak hanya sekedar menjadi kawasan mati yang tak dapat dimanfaatkan. Namun, kawasan laut tersebut adalah sebuah cadangan sumber daya tambahan yang bisa dikatakan cukup menjanjikan. Berbagai macam jenis sumber daya alam dapat ditemukan di dalam kawasan laut. Dari beberapa relief dasar laut terkadang menyimpan sumber daya yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui.

3. Sumber Cadangan Ekonomi

Lautan juga merupakan sebuah kawasan cadangan ekonomi yang cukup potensial untuk dikembangkan. Kawasan laut yang luas akan memiliki berbagai macam jenis potensi yang dapat dikembangkan. Pemanfaatan dalam kawasan laut tak hanya dapat diambil ikannya saja. Namun, dapat juga memanfaatkan dari segi wisata dan jasa yang ada di dalamnya.

 

Alasan Indonesia Sebagai Negara Maritim

Meskipun Indonesia terdiri dari wilayah lautan yang luas, namun beberapa ahli tidak sependapat jika Indonesia disebut sebagai negara maritim sebab ada beberapa hal yang belum sesuai persyaratan misalnya seperti fokus ekonomi Indonesia yang terpusat pada daratan.

Pada tahun 2014 dalam KTT Asia Timur di Nay Pyi Taw, Myanmar, Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, di mana upaya tersebut dilakukan melalui pengembangan ekonomi berbasis maritim guna terciptanya kesejahteraan.

Joko Widodo menyampaikan lima pilar utama untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Kelima pilar tersebut adalah:

1. Indonesia akan membangun kembali budaya maritim Indonesia. Sebagai negara yang terdiri dari sekitar 17 ribu pulau, bangsa Indonesia harus menyadari dan melihat dirinya sebagai bangsa yang identitasnya, kemakmurannya, dan masa depannya, sangat ditentukan oleh bagaimana mengelola samudera.

2. Menjaga dan mengelola sumber daya laut, dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut, melalui pengembangan industri perikanan, dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama. Kekayaan maritim akan digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.

3. Memberi prioritas pada pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, dengan membangun tol laut, deep seaport, logistik, industri perkapalan, serta pariwisata maritim.

4. Melalui diplomasi maritim, mengajak semua mitra-mitra Indonesia untuk bekerja sama di bidang kelautan ini untuk bersama-sama menghilangkan sumber konflik di laut, seperti pencurian ikan, pelanggaran kedaulatan, sengketa wilayah, perompakan, dan pencemaran laut. Laut harus menyatukan, bukan memisahkan.

5. Sebagai negara yang menjadi titik tumpu dua samudera, Indonesia memiliki kewajiban untuk membangun kekuatan pertahanan maritim, bukan saja untuk menjaga kedaulatan dan kekayaan maritim kami, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim.

 

Sumber: liputan6.com


Date : 2023-06-26

Radian Peninsula di SEA Indonesia 2023

SEA INDONESIA adalah acara yang memamerkan produk dan teknologi maritim yang menghubungkan pengetahuan dan jaringan pemangku kepentingan internasional dan domestik di dunia maritim.

PT. Radian Peninsula Indonesia sebagai bagian dari jaringan bisnis maritim di Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam acara SEA INDONESIA yang akan berlangsung pada tanggal 15-17 Mei 2023 berlokasi di Hall B1-2 Jakarta International Expo Kemayoran, Booth D5-D6.

Hadirilah acara ini dan temukan sendiri pengetahuan serta teknologi maritim yang akan kami paparkan dalam pameran tersebut, sampai jumpa di SEA INDONESIA 2023.


Date : 2023-05-11

Apa itu Overhaul Mesin Kapal?

Overhaul Mesin Kapal - Mesin Diesel merupakan bagian penting dalam sebuah kapal untuk dapat menggerakkan kapal, karena itu sebuah mesin kapal perlu dilakukan maintenance dan perawatan untuk menjaga performanya agar tetap dapat berfungsi secara normal. Perawatan mesin ini disebut dengan Overhaul Mesin Kapal. Overhaul mesin kapal dilakukan berdasarkan jam kerja dari mesin itu sendiri. Jenis Overhaul dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu: Top Overhaul, Major Overhaul, dan General Overhaul.

 

Perbaikan Bagian Atas Mesin (Top Overhaul)

Top Overhaul Mesin Kapal adalah jenis overhaul mesin dengan melakukan pembersihan, pemeriksaan dan penggantian komponen (jika diperlukan) pada bagian atas mesin diesel yaitu mulai dari cylinder head dan komponen yang melengkapi cylinder head, valve set, termasuk pelumasan dan coolernya.

Pelaksanaan Top Overhaul dilakukan ketika mesin diesel sudah memiliki jam kerja antara 2000 - 4000 jam (Running Hours). Bagian-bagian komponen yang dilakukan pemeriksaan, pembersihan, dan penggantian (jika diperlukan) adalah sebagai berikut:

·       -  Cylinder head (Kepala silinder)

·        - Cylinder head surface (Permukaan silinder)

·        - Cylinder head cooling port (Ruang pendingin silinder)

·        - Cylinder crack check (Pengecekan keretakan silinder)

·        - Bolts & nuts cylinder head (Baut dan mur)

·        - O-ring cylinder cooling (Ring-0 pendingin silinder)

·        - Cover packing cylinder head cooling (Paking penutup ruang pendingin)

·        - Fuel Oil Injector (Injektor bahan bakar)

·        - Exhaust valve spindle (Spindle katup gas buang)

·        - Intake valve spindle (Spindel katup udara masuk)

·        - Exhaust valve seat (Dudukan katup gas buang)

·        - Intake valve seat (Dudukan katup udara masuk)

·        - Safety valve (Katup pengaman)

·        - Indicator valve (Katup indikator)

·        - Air starting valve (Katup supply udara)

·        - Injector chamber (Selongsong pengabut)

·        - Guide sleeve exhaut valve (Selongsong katup gas buang)

·        - Guide sleeve intake valve (Selongsong katup udara masuk)

·        - Rocker arm (Lengan pelatuk katup)

·        - Rocker arm bush (Busing lengan pelatuk katup)

·   - Lube oil system in Rocker arm and Valves (Sistem pelumasan pada Lengan pelatuk katup dan katupnya).

·        - Exhaust gas manifold (Saluran pembuangan gas buang)

·        - Air scavanging chamber (Ruang udara pembilasan silinder)

·        - Inter Air Scavanging cooler (Pendingin udara pembilasan)

·        - Lube oil cooler (Pendingin minyak pelumasan)

·        - Fresh water cooler (Pendingin air tawar)

 

Perbaikan Bagian Mesin Yang Bergerak (Major Overhaul)

Major Overhaul Mesin Kapal adalah jenis overhaul mesin dengan melakukan pembersihan, pemeriksaan dan penggantian komponen (jika diperlukan) pada bagian mesin diesel yang bergerak yaitu seperti piston, connecting rod, main bearing, hingga crank shaft. Major Overhaul ini juga dilakukan perawatan jenis top overhaul terhadap komponen-komponen yang diperiksanya.

Pelaksanaan Major Overhaul dilakukan ketika mesin diesel sudah memiliki jam kerja antara 8000 - 14000 jam (Running Hours). Bagian-bagian komponen yang dilakukan pemeriksaan, pembersihan, dan penggantian (jika diperlukan) adalah sebagai berikut:

·       -  Cylinder liner (Liner Silinder)

·        - Piston (Torak)

·        - Piston ring (Ring / cincin torak)

·        - Piston pin (Pin torak)

·        - Piston bush (Busing torak)

·        - Connecting rod (Batang penghubung torak)

·        - Connecting rod bolts (Baut-baut pada batang torak)

·        - Crosshead

·        - Crosshead bearing (Bantalan Crosshead)

·        - Crank pin bearing (Metal jalan)

·        - Crank pin bearing bolts (Baut-baut metal jalan)

·        - Crank shaft journal (Pores engkol)

·        - Main bearing (Metal duduk)

·        - Main bearing bolts (Baut-baut metal duduk)

·        - Camshaft & driving divices (Poros nok & Penggeraknya)

·        - Gear box (Transmisi roda gigi)

·        - Fuel oil injection pump (Pompa tekan bahan-bakar)

·        - Turbo charger

·        - Air scavanging cooler (Pendingin udara pembilas)

·        - Air scavanging blower (Pompa udara bilas)

·        - Pneumatic control system (Sistim udara pengontrol)

·        - Lube oil safety device system (Sistim pengamanan minyak lumas)

·        - Freshwater cooler system (Sistim pengaman pendingin air tawar system)

·       - Overspeed trip-off system (Sistim pengaman putaran lebih)

 

Perbaikan Semua Bagian Mesin (General Overhaul)

General Overhaul Mesin Kapal adalah jenis overhaul mesin dengan melakukan pembersihan, pemeriksaan dan penggantian komponen (jika diperlukan) pada semua bagian mesin diesel termasuk semua bagian yang dilakukan top overhaul, major overhaul dan komponen pengendali lainnya pada mesin.

Pelaksanaan General Overhaul dilakukan ketika mesin diesel sudah memiliki jam kerja antara 14000 - 24000 jam (Running Hours). Bagian-bagian komponen yang dilakukan pemeriksaan, pembersihan, dan penggantian (jika diperlukan) adalah sebagai berikut:

·        Fondation plates and bolts (Plat-plat fondasi dudukan badan mesin)

·    - Inspection Bedplate include crack and bolts (Pengecekan bagian dasar badan mesin )

·   - Inspection crack of Frame (Periksa keretakan semua bagian tengah badan mesin  )

·        - Pneumatic Control System (Sistim Udara Pengontrol)

·        - Safety device system (Sistem pengamanan)

·      - Calibration Test Thermometer & Manometer (Kalibrasi Alat-alat pengukur Panas dan tekanan)

·  - Calibration test Pressure Gauge/ Manometer (Kalibrasi Alat-alat pengukur Tekanan)

 

Sumber: berbagai sumber

 


Date : 2023-04-04